Kamis, 13 Desember 2012

Peran Perbankan bagi Masyarakat

Diposting oleh Unknown di 23.49
Kebutuhan akan transaksi ekonomi pada masa sekarang ini cukup tinggi. Salah satu penyedia layanan jasa transaksi ekonomi adalah bank. Makin maraknya persaingan di dunia perbankan, menyebabkan berbagai strategi dilakukan oleh pihak bank dalam rangka menarik minat masyarakat untuk menjadikan nasabahnya.
Penyedia layanan jasa transaksi ekonomi seperti bank semakin berlomba-lomba untuk memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

Bank merupakan suatu lembaga yang lahir karena fungsinya sebagai agent of trust dan agent of development. Yang dimaksud sebagai agent of trust adalah suatu lemabaga perantara (intermediary) yang dipercaya untuk melayani segala kebutuhan keuangan dari dan untuk masyarakat. Sedangkan sebagai agent of development, bank adalah suatu lembaga perantara yang dapat mendorong kemajuan pembangunan melalui fasilitas kredit dan kemudahan-kemudahan pembayaran dan penarikan dalam proses transaksi yang dilakukan oleh para pelaku ekonomi. Di Indonesia, pengemban tertinggi atas dua fungsi di atas terletak pada Bank Indonesia selaku Bank Sentral dan bank-bank umum (Judisseno, 2005: 94).

Seiring dengan kebutuhan pelayanan transaksi ekonomi bagi masyarakat, industri perbankan telah mengalami perubahan besar. Industri ini menjadi lebih kompetitif. Saat ini, bank memiliki fleksibilitas pada layanan yang mereka tawarkan, lokasi tempat mereka beroperasi, dan tarif yang mereka bayar untuk simpanan deposan. Hal ini mengakibatkan semakin bervariasinya produk-produk bank.

Macam pelayanan yang ditawarkan perbankan sangat bervariasi. Pelayanan-pelayanan tersebut semakin mendapat sambutan baik di kalangan masyarakat. Berbagai produk dan jasa berbankan semakin banyak dan berkembang sehingga membantu dan memperlancar aktivitas kehidupan sehari-hari. Sebagian besar produk dan jasa-jasa perbankan ini dapat dinikmati dan memudahkan semua lapisan masyarakat. Salah satu contoh kemudahan yang ditawarkan oleh bank adalah jasa pengiriman atau transfer uang dari satu tempat ke tempat yang lain dalam waktu yang singkat dan aman. Dengan adanya pelayanan transfer maka masyarakat tidak perlu langsung mengirim sendiri uang yang hendak disalurkan kepada orang lain melainkan cukup dengan menggunakan layanan transfer. Selain itu, masyarakat juga dapat memanfaatkan jasa bank sebagai tempat menyimpan uang, perhiasan atau surat-surat berharga secara aman.

2 komentar:

Unknown on 6 September 2016 pukul 07.33 mengatakan...

jelek bangsat

Unknown on 21 Maret 2020 pukul 22.56 mengatakan...

wkwk

Posting Komentar

 

My Blog Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting