Sabtu, 08 Desember 2012

Tentang Assalamu'alaikum

Diposting oleh Unknown di 02.05

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Mungkin sudah tidak asing bagi kita selaku orang Islam untuk mengucapkan salam, baik dalam sebuah perkumpulan, saat berjumpa dengan teman, saat mengangkat telpon, bahkan dalam setiap kegiatan apapun, salam adalah doa yang pantas dan layak untuk disebarkan.

Salam adalah identitas seorang muslim dalam kehidupan sehari-hari. Dengan salam maka akan semakin erat jalinan silaturrahim serta kesatuan umat Islam yang mulai rapuh saat ini. Nabi SAW sangat menganjurkan umatnya saling menebar salam, mengucapkan salam kepada sesama Muslim, baik yang belum dikenal maupun yang sudah dikenal. Beliau juga mengatakan dalam hadistnya bahwa salah satu syarat agar dapat saling cinta-mencintai adalah dengan menebarkan salam. Dengan kata lain, Nabi SAW memerintahkan umatnya membangun dan menciptakan ''budaya salam'' dalam kehidupan sehari-hari.
Kita dapat merasakan dan membuktikan betapa ucapan, assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh memiliki daya magnet yang luar biasa. Tak heran, jika Nabi SAW sangat menganjurkan umatnya selalu mengucapkan salam secara sempurna, karena hal demikian akan mendapat pahala tiga puluh. Bahkan, secara etika dalam mengucapkan salam Nabi SAW memberikan bimbingan yang sangat konkret.
Semestinya kita selalu bersemangat dalam melakukan kebaikan dan menghidupkan serta menyuburkan sunnah Rasulullah SAW. Menebar salam antarumat muslim adalah salah satu sunnah yang sangat dianjurkan Nabi SAW. Sebenarnya sangat mudah pengucapan salam itu, namun tak sedikit dari kita sebagai muslim dan muslimah yang kurang dan belum menjadikan salam sebagai kebiasaan baik dalam kehidupannya. Yang masih enggan menyebarkan salam kecuali hanya kepada orang-orang yang kita anggap kenal. Kita sering menjumpai para pelajar Madrasah yang jarang sekali mengucapkan salam ketika hendak bertemu dengan orang lain ataupun ketika hendak masuk ke dalam kelas. Inilah yang menyebabkan ucapan salam di kalangan pelajar Madrasah mulai luntur seiring perkembangan zaman. Padahal, Madrasah adalah lembaga pendidikan yang lebih mendalami tentang kaidah-kaidah Islam, seperti ilmu Fiqih, Qur’an Hadits, Bahasa Arab, Aqidah Akhlaq, dan lain sebagainya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

My Blog Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting