Jumat, 04 Januari 2013

E-Bus (Elektronik Bus) BRI

Diposting oleh Unknown di 03.17
E-Bus (Elektronik Bus) BRI
Bank adalah bisnis keuangan, di mana yang dijual dan dibeli adalah jasa keuangan. Sebelum melakukan penjualan jasa keuangan, bank haruslah terlebih dahulu membeli jasa keuangan yang tersedia di masyarakat dan jasa keuangan tersebut dapat diperoleh dari berbagai sumber yang ada, terutama sumber dana dari masyarakat.


Sumber dana bank adalah usaha bank dalam menghimpun dana dari masyarakat. Perolehan ini tergantung dari bank itu sendiri, apakah dari simpanan masyarakat atau dari lembaga lainnya (Hadinoto, 2008: 55).
Aktivitas perekonomian akan berjalan baik jika diantara para pelaku ekonomi tersebut terbentuk hubungan kerjasama yang terpadu baik secara langsung maupun tidak langsung.

Eksistensi dan aktivitas perbankan semakin mendapat sambutan baik di kalangan masyarakat. Seiring dengan semakin baiknya sambutan masyarakat, maka semakin banyak pula produk dan jasa berbankan yang ditawarkan. Salah satu bank yang banyak diminati oleh masyarakat adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI). Adapun visi Bank Rakyat Indonesia adalah menjadi bank komersial terkemuka yang selalu mengutamakan kepuasan nasabah. Sedangkan untuk mewujudkan visi tersebut, BRI menetapkan tiga misi yang harus dilaksanakan yaitu yang pertama, melakukan kegiatan perbankan yang terbaik dengan mengutamakan pelayanan kepada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah untuk menunjang peningkatan ekonomi masyarakat. Kedua, memberikan pelayanan prima kepada nasabah melalui jaringan kerja yang tersebar luas dan didukung oleh sumber daya manusia yang professional dengan melaksanakan praktek Good Corporate Governance. Ketiga, memberikan keuntungan dan manfaat yang optimal kepada pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholders).

Dari visi dan misi Bank Rakyat Indonesia (BRI) tersebut, maka pihak BRI semakin meningkatkan produk dan pelayanannya. Semakin banyak dan berkembangnya produk perbankan sehingga membantu dan memperlancar aktivitas kehidupan sehari-hari. Sebagian besar produk dan jasa-jasa Bank Rakyat Indonesia (BRI) dapat dinikmati semua lapisan masyarakat seperti jasa pengiriman atau transfer uang dari satu tempat ke tempat yang lain dalam waktu yang singkat dan aman.

Selain produk dan jasa-jasa bank di atas, berbagai produk dan jasa-jasa perbankan lainnya masih dapat dimanfaatkan masyarakat sesuai dengan kebutuhan dan keperluan. Dengan kata lain, aktivitas perbankan tidak hanya terbatas dalam hal menghimpun dana di tengah masyarakat karena banyak produk dan jasa-jasa lainnya yang ditawarkan sehingga institusi bank tersebut dianggap berfungsi sebagai agent of services. Jasa-jasa dan produk yang ditawarkan perbankan ini dilengkapi pula oleh berbagai jasa dan produk yang ditawarkan oleh lembaga keuangan bukan bank (Irsyad, 2010: 11).

Untuk memberikan kemudahan dalam bertransaksi pada masyarakat, BRI membuat terobosan baru yaitu membuka layanan E-Bus (elektronik bus) BRI. E-Bus (elektronik bus) BRI adalah unit kerja BRI yang beroperasi sebagai sarana transaksi pembayaran dan penyetoran uang dan/ penghimpun dana nasabah termasuk pelayanan jasa perbankan seperti transfer, payment point, dan lain-lain yang beroperasi secara online dengan menginduk pada BRI cabang. E-Bus (elektronik bus) BRI memberikan kemudahan kepada masyarakat karena pelayanan E-Bus (elektronik bus) BRI ini berada langsung di event atau kegiatan ekonomi yang memerlukan jasa bank. Biasanya jika hendak melakukan transaksi, nasabah harus antre di bank. Selain itu, letak bank yang jauh dari kegiatan ekonomi mengakibatkan masyarakat harus menempuh jarak untuk bertransaksi. Hal inilah tentunya dapat mempengaruhi antusias masyarakat untuk bertransaksi di bank. Sehingga dengan keberadaan E-Bus (elektronik bus) BRI diharapkan dapat memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat dalam melakukan transaksi ekonomi (wawancara, 08/05/2012).

Proses Wawancara kepada Petugas BRI
Pelayanan lengkap oleh bank, termasuk bank umum adalah suatu keharusan, sebab dalam persaingan antarbank yang makin ketat, maka bank yang dapat memberikan pelayanan yang lengkap dan beragam pasti akan memperoleh posisi yang terkemuka, makin dikenal dan dipercaya oleh masyarakat. Dinamika ekonomi memang meningkat, karena itu pelayanan bank juga harus ditingkatkan. Dinamika kegiatan ekonomi sudah tidak dapat dibatasi oleh wilayah-wilayah tertentu saja, tapi sudah merupakan kegiatan yang bersifat internasional dan tidak lagi mengenal batas-batas negara. Karena kemajuan teknologi komunikasi maka dana atau funds yang makin bersifat maya (nonfisik) karena hanya berupa dana yang dibukukan bank atau dengan kata lain, berupa hutang piutang antarbank (liabilities and receiveables) berpindah dengan sangat cepat pada berbagai tempat yang sangat jauh (Suhardi, 2003: 120).

Salah satu layanan yang ditawarkan oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) adalah layanan E-Bus (elektronik bus) BRI. E-Bus (elektronik bus) BRI merupakan satu unit kerja BRI yang bersifat mobile sehingga dapat memberikan layanan transaksi perbankan dengan mudah kepada masyarakat. E-Bus BRI ini beroperasi di lokasi-lokasi potensial yang belum terjangkau oleh unit kerja konvensional BRI dan digunakan pula pada iven-iven tertentu seperti pameran, bazzar, bahkan kegiatan administrasi sekolah yang menggunakan jasa bank (observasi, 26/05/2012).

Pelayanan perbankan terbaik yang dapat diberikan kepada nasabah, tentu akan membuat nasabah senang dan nyaman. Selain faktor sumber daya manusia yang mumpuni dan profesional, maka ketersediaan peralatan dan fasilitas perbankan yang memadai, tentu diperlukan untuk meningkatkan mutu layanan sebuah bank kepada nasabah. Hal ini merupakan salah satu bentuk penghargaan bank atas kepercayaan nasabah kepada bank tersebut.

Untuk lebih memudahkan masyarakat, Bank Rakyat Indonesia (BRI) Maka dari itu, Bank Rakyat Indonesia (BRI) memberikan layanan E-Bus (elektronik bus) BRI yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi perbankan. Kegiatan transaksi di E-Bus (elektronik bus) BRI sama saja dengan transaksi biasa di kantor bank BRI, bisa memberikan pelayanan terhadap hampir semua produk BRI. Di unit E-Bus (elektronik bus) BRI ada teller, security dan driver. Hal ini tergantung pada kebutuhan di tempat operasi.

Sebagai satu unit layanan perbankan berjalan, tentu ada fasiltas yang dapat dimanfaatkan oleh nasabah. Dalam satu unit E-Bus (elektronik bus) BRI dilengkapi dengan ATM. Selain itu, E-Bus (elektronik bus) BRI juga ada petugas teller untuk melakukan pembukuan perbankan, juga ada customer service yang akan melayani informasi. Dan tentunya dalam pelayanan E-Bus (elektronik bus) BRI juga ada security.
Dalam operasionalnya, layanan E-Bus (elektronik bus) BRI ini juga memiliki kendala diantaranya ketika ada ganggunan pada perangkat Informasi dan Tenologi yang dapat menghambat aktivitas dari E-Bus (elektronik bus) BRI. Selain itu, karena E-Bus (elektronik bus) ini menggunakan sistem online sehingga memerlukan antenna. Sedangkan pemasangan antenna itu sendiri tidak mudah, harus berada di tempat-tempat yang cocok untuk dipasangi antenna.

0 komentar:

Posting Komentar

 

My Blog Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting