Minggu, 11 November 2012

Gundul Gundul Pacul

Diposting oleh Unknown di 00.57


Gundul Gundul Pacul adalah salah satu lagu dolanan anak Jawa yang dikenalkan oleh nenekku. Beliau sering menyanyikan lagu ini ketika aku masih kecil. Lagu ini juga merupakan salah satu lagu favoritku masa kecil karena ekspresi nenek yang sangat lucu ketika menyanyikan lagu ini untukku. Aku masih ingat jelas ketika beliau mengusap kepalaku sambil menyanyikan lagu ini untukku. Dan ini lirik dan makna dari lagu Gundul Gundul Pacul.

Gundul gundul pacul cul gelelengan
Nyunggi nyunggsi wakul kul gembelengan
Wakul ngglimpang segane dadi sak ratan
Wakul ngglimpang segane dadi sak rattan


Lagu ini tidak sekedar lagu saja melainkan terdapat banyak makna yang mendalam pada tiap katanya. Dari syair lagu Gundul Gundul Pacul tersebut dapat dimaknai tiap kata sebagai berikut:
gundul pacul                      : manusia saat masih kecil
gembelengan                      : sifat masih suka main-main
nyunggi wakul                    : manusia dewasa, sudah memikul tanggung jawab
wakul ngglimpang              : tanggung jawab yang tidak dilaksanakan dengan baik
segone dadi sak latar          : merupakan efek kekacauan 
Dari makna tiap kata tersebut, dapat disimpulkan bahwa usia anak-anak masih suka bermain adalah hal yang wajar. Anak-anak ini disimbolkan dengan kata gundul. Karena dulunya anak-anak Jawa kebanyakan berambut gundul atau botak. Pada kata gembelengan adalah permainan, maksudnya anak-anak masih identik dengan bermain, rasa ingin tahu dan lain sebangainya. Tetapi setelah dewasa, mereka tidak bisa bermain-main lagi. Ketika tumbuh menjadi seorang dewasa, mereka tidak lagi bisa bermain-main terutama ketika mereka telah mengemban suatu tanggung jawab yang dilambangakan dengan kata nyunggi wakul. Sedangkan syair yang berbunyi wakul ngglimpang segone dadi sak latar maksudnya adalah ketika seseorang sudah dewasa tetapi masih suka bermain-main maka akan timbul kekacauan yang diakibatkan oleh tanggung jawab yang tidak dilaksanakan dengan baik. Tentu lagu Gundhul Gundhul Pacul ini memberikan nilai-nilai yang baik untuk anak-anak.

0 komentar:

Posting Komentar

 

My Blog Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting