Jumat, 24 Januari 2014

Tips Mendidik Anak

Diposting oleh Unknown di 16.04


Anak merupakan dambaan setiap orang tua. Kehadiran anak sangat diinginkan oleh orang tua manapun. Tentunya orang tua tidak hanya menginginkan anak saja namun lebih dari itu. Mereka menginginkan anak yang soleh atau sholehah, cerdas, serta menjadi kebanggaan orang tua.
Anak merupakan aset di masa depan. Anaklah yang akan meneruskan keturunan dari keluarga. Jika orang tua tidak memperhatikan cara mendidik anak, bisa jadi suatu saat seorang anak bukannya
menjadi aset yang mengharumkan nama orang tuanya malah menjadi aib bagi keluarga. Tentunya tidak ada orang tua yang berharap seperti itu. Namun sayangnya, dewasa ini banyak orang tua yang salah dalam mendidik anak atau bahkan menganggap remeh dalam mendidik anak. Maka dari itu, sudah selayaknya sebagai orang tua memperhatikan yang lebih dalam mendidik anak. Berikut ini merupakan tips dalam mendidik anak.

1.      Berikan teladan
Buah tidak akan jatuh jauh dari pohonnya. Peribahasa ini cocok jika dihubungkan dengan orang tua dan anak. Anak tidak akan jauh dari apa yang mereka lihat setiap hari, yaitu orang tuanya. Dengan kata lain, jika orang tua memberikan teladan atau contoh yang baik maka secara tidak langsung anak akan meniru hal tersebut. Selain itu, peran keluarga sebagai media sosialisasi primer untuk anak tentunya memiliki peran penting dalam perkembangannya. Peran keluargalah atau dalam hal ini orang tua yang sangat mendominasi karakter anak di masa depan. Karena keluarga merupakan tempat dimana anak pertama kali tumbuh dan berkembang dan tentunya dalam keluarga orang tua yang dijadikan anak panutan dalam bertingkah laku.
2.      Hindari berkata ‘jangan’
Sering kali tidak disadari oleh beberapa orang tua, mereka sering melarang anaknya melakukan ini itu. Terutama ketika anak masih kecil, dengan alasan khawatir orang tua sering melarang anaknya untuk melakukan sesuatu. Terlebih orang tua terkadang melarang anaknya dengan menakut-nakutinya dengan hal-hal yang menyeramkan seperti hantu misalnya. Meskipun hal ini bertujuan baik, namun secara tidak langsung anak akan menjadi pribadi yang minder dan penakut. Kesalahan inilah yang dianggap remeh namun sebenarnya sangat berpengaruh bagi karakter anak ketika dewasa. Sebaiknya sebagai orang tua kita tidak perlu menakuti anak jika ingin melarang anak melakukan sesuatu. Sebaiknya, kita berikan dia pengertian secara perlahan akibat jika ia melakukan suatu hal. Selama itu tidak membahayakan, tidak masalah dilakukan oleh anak.
3.      Beri pengertian
Sesekali beri pengertian pada anak. Beri pengertian anak tentang kehidupan,    tentang disiplin, dan lain sebagainya. Jangan hanya melarang anak namun berikan alasan mengapa hal itu dilarang. Sebaiknya orang tua memberikan pengertian pada anak tentang kehidupan, kedisiplinan, tanggung jawab dan lain sebagainya kepada anak sejak dini. Tentunya dalam memberikan pengertian pada anak menggunakan bahasa dan cara yang mudah dicerna anak tanpa menakut-nakuti yang nantinya akan merusak karakter anak.
4.      Pupuk keterbukaan
Komunikasi sangat penting, terutama bagi anak dan orang tua. Untuk menciptakan suasana komunikasi yang kondusif, tentnya harus ada rasa saling keterbukaan. Ciptakan rasa nyaman kepada anak jika ia bercerita. Dengarkan cerita anak dengan baik. Jangan langsung memarahinya atau menyalahkannya jika ia sedang bercerita tentang masalahnya. Namun bimbing ia dan arahkan secara perlahan tanpa memojokkannya. Selain itu kita juga harus menghargai pendapat anak. Terkadang orang tua merasa dirinya paling benar dan mengabaikan pendapat anak. Secara tidak langsung anak akan merasa suaranya tidak dibutuhkan dan menjadikan anak enggan untuk terbuka dengan orang tuanya. Padahal keterbukaan antara anak dan orang tua sangatlah penting. Ini akan membuat anak nyaman dan tidak mencari pelarian untuk mencari pendengarnya yang lain. Selain itu orang tua juga akan lebih mengetahui perkembangan anaknya dan dapat membimbingnya.
Nah itulah tips dalam mendidik anak. Yang terpenting adalah teladan dari orang tua serta keterbukaan antarkeduanya. Semoga tips ini bermanfaat.

http://sekolah-akhlak.com
http://guru-berakhlak.blogspot.com
 

1 komentar:

Ujaey Bob on 28 September 2017 pukul 08.00 mengatakan...

yang bahaya kalau orang tua sering menakut nakuti. visit ujaeybob.blogspot.com

Posting Komentar

 

My Blog Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting